PRODUK UNGGULAN : SOSIALISASI PEMBUATAN EM4




EM-4 merupakan suatu cairan berwarna kecoklatan dan beraroma manis asam (segar) yang di dalamnya berisi campuran beberapa mikroorganisme hidup yang menguntungkan bagi proses penyerapan atau persediaan unsur hara dalam tanah. Desa Pettong sebagian besar warganya bekerja sebagai petani dan berkebun. Namun, tidak jarang warga menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Oleh karena itu, kelompok  KKN Mandiri 42 dari Universitas Trunojoyo Madura menawarkan program pembuatan EM-4 yang dikembangkan untuk menunjang pembangunan pertanian ramah lingkungan yaitu memanfaatkan limbah dari hasil pertanian itu sendiri seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang busuk atau rusak.


Acara Pembuatan EM-4 yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari 2019 dimulai jam 13.00 sampai dengan 15.30 dirumah kepala desa pettong yang dihadiri oleh apel setiap dusun dan warga desa pettong, meskipun ada beberapa warga yang datangnya terlambat karena jarak yang harus ditempuh cukup jauh. Dalam sosialiasi pembuatan EM4 tersebut dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pembekalan secara teori dan sesi pembekalan secara praktek. Saat sesi pembekalan teori warga diberikan penjelasan tentang pembuatan, manfaat, dan cara penggunaan EM4. Dan untuk sesi pembekalan secara praktek warga diberikan penjelasan untuk membuat EM4 dan langkah-langkah pembuatannya.

Acara sosialisasi pembuatan EM4 ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian pupuk kimia yang memiliki efek kepada kesuburan tanah. Dalam acara sosialiasi ini memiliki kekurangan yang mana saat menjelaskan kepada warga masih ada beberapa warga yang belum paham dan belum jelas mengenai pemakaian EM4. Tetapi setelah praktek pembuatan EM4 yang dilakukan didepan warga, warga mulai mengerti dan tertarik dengan cara pembuatan EM4.
 

TATA CARA PEMBUATAN EM4
1.    Persiapkan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak seratnya seperti buah nangka, mangga, pisang, papaya, jeruk, bayam, kangkung , dan bonggol pisang. Utamakan buah dan sayuran yang digunakan sudah busuk.
2.    Kemudian siapkan bahan-bahan lain seperti tetes tebu, dedak, air beras dan peralatan lainnya. Untuk tetes tebu bisa digantikan dengan gula merah
3.    Iris dengan lembut buah dan sayur yang akan dijadikan campuran EM4, kemudian bila kurang halus bisa ditumbuk.
4.    Ketika bahan sudah siap, campurkan semua bahan-bahan yang sudah disiapkan. Untuk takaran dari setiap bahan adalah 1 : 1.
5.    Ketika bahan sudah dimasukkan semua tutup rapat wadah sampai rapat.
6.    Ketika minggu kedua telah berlangsung bisa ditambahkan buah dan sayuran busuk.
7.    Ketika minggu ketiga spora atau jamur dalam wadah akan muncul, kemudian tambahkan tetes tebu dan dedak kedalam wadah dan apabila air yang dalam wadah kurang bisa ditambahkan kembali dengan air beras dan kemudian tutup kembali, setelah minggu ke 4 EM4 siap digunakan.

ALAT DAN BAHAN
1.    Buah dan sayuran busuk yang berserat
2.    Tetes tebu
3.    Dedak
4.    Air beras
5.    Pisau, dll.

CARA PEMAKAIAN
1.    Penggunaanya saat pengolahan lahan sebarkan larutan EM4 dipermukaan tanah
2.    Pada saat proses penanaman, benih yang akan  ditanam akan dimasukkan kedalam lubang kemudian disiram dengan larutan EM4
3.    Kemudian setelah 1 minggu benih yang ditanam tadi telah tumbuh semprotkan kembali pupuk EM4 pada tanah dan tumbuhannya setiap 1-2 minggu sekali dengan komposisi 10ml/ 1 liter air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar