Kondisi Umum Desa Pettong

Desa Pettong merupakan salah satu desa dengan mata pencaharian utama sebagai petani. Masyarakat desa Pettong merupakan petani padi, jagung, dan kacang tanah. Tenanam padi dan jagung pada lahan 12 Ha mampu menghasilkan 7,54 ton.

Desa Pettong terletak di Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Dengan batas utara Desa Landak, batas timur Desa Jangkar, batas selatan Desa Kedaban, dan batas barat Desa Ronduring. Jarak dengan kota Bangkalan bila ditempuh dengan sepeda motor bisa menyampai 30 menit.

Luas Desa Pettong 492,245 Ha dengan ketinggian 47 M dpl. Dengan ketinggian tersebut membuat tanah Pettong subur untuk ditanami padi, jagung, dan kacang. Warna tanah yang berada di Desa Pettong berwarna kemerahan.

Desa yang masih memiliki pohon-pohon tinggi ini sangat sejuk disiang hari. Bila dilihat setiap halaman rumah warga desa Pettong, terdapat pepohonan yang rimbun. Dari mulai pohon rambutan, mangga, durian, pisang, kelapa, dan tidak lupa begitu banyak perreng (bambu).

Desa Pettong memiliki enam dusun, diantaranya; 1) Dusun Lempar, 2) Dusun Jurgan, 3) Dusun Pettong Tengah, 4) Dusun Serean, 5) Dusun Tlageh, dan 6) Dusun Pengarean. Setiap dusun memiliki Apel (kepala dusun) sebagai berikut;
No. Nama Dusun Nama Apel
1. Lempar Leman
2. Jurgan Mat Haji
3. Pettong Tengah Safi'i
4. Serean Munif
5. Tlageh Huri
6. Pengarean Mulihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar