Fasilitas Umum Desa Pettong

Fasilitas umum Desa meliputi sosial ekonomi, sosial budaya, transportasi dan perhubungan, telekomunikasi dan informasi, pengairan, air bersih, dan energi.
  • Sosial Ekonomi
Ekonomi merupakan sebagian yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan suatu wilayah oleh karena tu di setiap sumber daya alam yang potensial dan dikategorikan sebagai unggulan perlu dikembangkan lebih lanjut dalam sentra-sentra produksi.
Adapun unggulan perlu dikembangkan di Desa Pettong dan menjadi modal dasar pertumbuhan wilayah adalah: pertanian, perdangangan, dan peternakan. Ketersediaan fasilitas-fasilitas sosial ekonomi dalam rangka meningkatkan perekonomian masyrakat Desa Pettong terdapat beberapa fasilitas, antara lain; pertokoan,  Somel (mebel), dan pasar  panas. Pasar  panas  ini terletak di desa Jangkar. Jadi pusat perekonomian desa Pettong bersatu dengan desa Jangkar yaitu di pasar panas.
  • Sosial Budaya
Jumlah mushola di desa Pettong cukup banyak. Setiap rumah rata-rata memiliki satu mushola. Ini merupakan tradisi orang madura bahwa setiap rumah memiliki satu mushola. Untuk masjid desa Pettong memiliki 5 masjid yang tersebar di setiap dusun.
Masjid Nurul Hikmah Desa Pettong
  • Transportasi dan Perhubungan
Transportasi merupakan salah satu unsur yang menentukan laju pertumbuhan ekonomi dan sosial pada suatu desa serta dapat mempengaruhi mobilitas informasi dan penduduk dari satu desa ke desa yang lainnya.
Di desa Pettong jalannya sudah jalan aspal. Jalan aspal yang merupakan jalan desa yang menghubungkan antara dusun yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan fungsi jalan yang ada dengan tingkatan arteri primer, lokal sekunder, serta jalan lingkungan. Jalan-jalan tersebut dengan fungsi hubung sebagai berikut :
  1.  Jalan Arteri Primer, yaitu jalan utama yang menghubungkan wilayah kabupaten Bangkalan dengan kabupaten lain.
  2. Jalan Lokal Primer yaitu jalan yang menghubungkan antara kota kabupaten Bangkalan dengan kota-kota kecamtan Desa Pettong  (Kecamatan Tanah Merah) dengan wilayah kecamtan yang lain.
  3. Jalan Lingkungan yaitu Jalan yang menghubungkan antara perumahan penduduk di dalam satu kawasan pemukiman.
Jalan Dusun satu dengan dusun lainnya di desa Pettong terhubung satu sama lain. Jalan penghubungnya menggunakan jalan aspal. Ada sebagian jalan yang masih jalan tanah.
  •  Telekomunikasi dan Informasi
Masyarakat Pettong sebagian besar untuk kebutuhan telekomunikasi pada saat ini menggunakan Jaringan Telephone Seluler dimana jaringannya sudah merata dan menjangkau masyarakat paling bawah. Kebutuhan akan telekomunikasi dan teknologi di desa Pettong ini sudah merata. Teknolgi seperti komputer disini sangat sedikit dan hanya beberapa orang saja yang mengerti akan itu.
  • Air Bersih
Untuk kebutuhan air bersih, penduduk Desa Pettong meggunakan air sumur gali dan perpipaan. Sedangkan sumber mata air lain yang juga dimanfaatkan oleh seluruh warga adalah sungai yang melintasi desa pettong. Sungai ini biasanya dimanfaatkan sebagai tempat menyuci baju dan mandi.
  •  Energi
Secara keseluruhan mayoritas penduduk Pettong menggunakan jaringan listrik dari jasa PLN untuk memenuhi sebagian kebutuhan energi. Untuk mendukung kebutuhan energi rumah tangga juga menggunakan beberapa alternatif energi diantaranya minyak tanah, kayu, dan gas LPG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar